Berbagai upaya dilakukan oleh SMA Negeri 1 Gondangwetan untuk meningkatkan mutu lulusan. Pada peningkatan aspek kognitif, selain melaksanakan berbagai pelatihan dan peningkatan kualitas guru, pemenuhan sarana prasarana, peningkatan kerja dan manajemen pengelolaan sekolah, yang tidak kalah penting adalah pembinaan terhadap peserta didik.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh SMA Negeri 1 Gondangwetan adalah melaksanakan Program Intensif Belajar (PIB). Program ini dilaksanakan sebagai bagian dari Program Kerja Bidang Akademik. PIB merupakan bentuk kesiapan siswa kelas XII menghadapi berbagai Ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan maupun oleh Pemerintah dan Perguruan Tinggi.

Pelaksanaan PIB di SMA Negeri 1 Gondangwetan dilaksanakan sebagai kegiatan pendalaman materi dari guru ditambah materi dari Lembaga Bantuan Belajar (LBB) luar sekolah. Adapun sistem pembelajarannya tetap mengacu pada konsep penugasan Terstruktur dan Tugas Mandiri sebagaimana digariskan dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) berdasarkan Struktur Kurikulum 2013.

Tujuan diselenggarakannya Program Intensif Belajar (PIB) Kelas XII SMA Negeri 1 Krembung adalah :

Meningkatkan kualitas belajar siswa
Meningkatkan frekuensi belajar siswa
Mengupayakan pemenuhan kebutuhan materi pembelajaran
Meningkatkan referensi dan sumber belajar siswa.
Meningkatkan kesiapan siswa dalam menghadapi berbagai Ujian dan Tes

Adapun Materi Pembelajaran pada Program Intensif Belajar adalah mata pelajaran yang akan diujikan dalam Ujian Nasional maupun Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Mata pelajaran yang diintensifkan adalah :

Peminatan MIPA Peminatan IPS
1.  Bahasa Indonesia 1.  Bahasa Indonesia
2.  Bahasa Inggris 2.  Bahasa Inggris
3.  Matematika 3.  Matematika
4.  Fisika 4.  Geografi
5.  Biologi 5.  Sosiologi
6.  Kimia 6.  Ekonomi
No Comments PIB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *